Saya Zulva Galang Aditya, biasa dipanggil Galang, tapi ada juga teman yang manggil ilang's. Saya berasal dari Kota Metro, Lampung, Indonesia. Sebuah daerah yang indah dengan pemandangan dan tempat wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah-daerah lain. Riwayat Pendidikan: SD Muhammadiyah Kota Metro SMP Negeri 4 Kota Metro Terimakasih telah mengunjungi Blog saya, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi teman-teman sekalian. Salam Kenal.

Backlink

Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual

Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis AkrualStandar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Pernyataan No. 1 Penyajian Laporan Keuangan mempunyai tujuan mengatur penyajian laporan keuangan untuk tujuan umum ( general purpose financial statements) dalam rangka meningkatkan keterbandingan laporan keuangan baik terhadap anggaran, antar periode, maupun antar entitas. Laporan keuangan untuk tujuan umum adalah laporan keuangan yang ditujuan untuk memenuhi kebutuhan bersama sebagian besar pengguna laporan termasuk lembaga legislative sebagaimana ditetapkan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.
Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual
Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual
Laporan keuangan untuk tujuan umum disusun dan disajikan dengan basis akrual. Pernyataan standar ini berlaku untuk entitas pelaporan dalam menyusun laporan keuangan suatu entitas pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan laporan keuangan konsolidasian, tidak termasuk perusahaan Negara/daerah. Basis akuntansi yang digunakan dalam laporan keuangan pemerintah yaitu basis akrual. Entitas pelaporan yang menyelenggarakan akuntansi berbasis akrual, menyajikan Laporan Realisasi Anggaran berdasarkan basis yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan tentang anggaran.
Advertisements

Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual

Tujuan pelaporan keuangan pemerintah adalah untuk menyajikan informasi yang berguna untuk pengambnilan keputusan dan untuk menunjukan akuntabilitas entitas pelaporan atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya, dengan :
  1. Menyediakan informasi mengenai posisi sumber daya ekonomi, kewajiban, dan ekuitas pemerintah;
  2. Menyediakan informasi mengenai perubahan posisi sumber daya ekonomi kewajiban, dan ekuitas pemerintah;
  3. Menyediakan informasi mengenai sumber, alokasi, dan penggunaan sumber daya ekonomi ;
  4. Menyediakan informasi mengenai ketaatan realisasi terhadap anggarannya;
  5. Menyediakan informasi mengenai cara entitas pelaporan mendanai aktivitasnya dan memenuhi kebutuhan kasnya
  6. Menyediakan informasi mengenai potensi oemerintah untuk membiayai penyelenggaraan kegiatan pemerintahan
Menyediakan informasi yang berguna untuk mengevaluasi kemampuan entitas pelaporan dalam mendanai aktivitasnya.
Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan hanya berlaku untuk laporan keuangan dan tidak untuk informasi yang disajikan dalam suatu laporan tahunan atau dokumen lainnya. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk dapat membedakan informasi yang disajikan menuirut Standar Akuntansi Pemerintahan dari informasi lain, namun bukan merupakan subyek yang diatur dalam Pernyataan Standar ini.
Laporan keuangan disajikan sekurang-kurangnya sekali dalam setahun. Dalam situasi tertentu, tanggal laporan suatu entitas berubah dan laporan keuangan tahunan disajikan dengan suatu periode yang lebih panjang atau lebih pendek dari satu tahun, entitas pelaporan mengungkapkan informasi berikut :
  1. Alasan penggunaan periode tidak satu tahun
  2. Fakta bahwa jumlah-jumlah komparatif untuk laporan tertentu seperti arus kas dan catatan-catatan terkait tidak dapat diperbandingkan.

Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual

Judul: Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual
Rating: 10 out of 10 based on 24 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh ZuGalang Aditya

Terima Kasih Atas Kunjungan sobat...
Sobat baru saja membaca artikel yang berkategori dengan judul Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual. Sobat bisa bookmark halaman ini dengan URL http://galangadityaa.blogspot.com/2013/05/standar-akuntansi-pemerintah-berbasis.html. Terima kasih!
Share on :
SHARE4RT Updated at:

Belum ada komentar untuk "Standar Akuntansi Pemerintah Berbasis Akrual"

Posting Komentar

Pulsa Gratis